Sunday, January 2, 2011

Syntax Error dan Run Time Error

Kita kan sudah pernah membuat sebuah program java (minimal yang sederhana) bukan ? Kadang dalam proses kompilasi sebuah program maupun pada saat menjalankannya kita akan menemukan kesalahan / pesan error. Error ini dibagi menjadi 2 macam : 
  • Compile-Time Error atau yang disebut dengan Syntax Error. Ini biasanya terjadi karena : 
  1. kesalahan penulisan , misalnya lupa memberikan tanda titik koma pada akhir pernyataan, Java akan menunjukkan baris/kode yang terdapat kesalahan tersebut namun kadang petunjuk inipun bisa salah.
  2. Dalam kapitalisasi, ejaan, atau penggunaan karakter yang tidak benar.
TIPS
Jika kita mendapati banyak pesan error, koreksi satu persatu mulai dari kesalahan pertama, kompile ulang, dan lihat hasilnya, dengan demikian kita akan mengurangi jumlah kesalahan / error yang sudah ada. Terkadang kesalahan selanjutnya itu disebabkan kesalahan yang pertama. Jadi menghemat bukan ? :)
  • Run time Errors, Sebuah program yang berhasil dikompile belum tentu berhasil di jalankan. Inilah yang dinamakan Run time error, kesalahan ini tidak akan ditampilkan sampai kita menjalankan program tersebut. Hal ini bisa saja terjadi misalnya dikarenakan struktur yang di buat programmer tidak jelas atau mungkin tidak logis.
Demikian Kawand sekalian semoga bermanfaat ya :)



Keep posting --> Blogging Campaign

0 comments:

Post a Comment