Saturday, December 18, 2010

8 Cara Instalasi Java di Windows

Setelah mengetahui apa perbedaan JDK dan JRE pastinya sekarang kita mengetahui kebutuhan kita untuk menginstal Java bukan. Sekarang kita akan masuk pada tahap penginstalan Java. Secara sederhana berikut langkah -langkahnya :
  1. Siapkan file Java anda atau kalau belum ada bisa download gratis di http://www.java.com/en/download/index.jsp
  2. Setelah di download jalankan program java tersebut. Pada contoh dibawah ini saya menggunakan JDK 6 update 16 (sampai dengan tulisan ini dibuat updatenya sudah 22). Tampilan awalnya sebagai berikut :
  3. Selanjutnya kita diminta untuk membaca syarat dan ketentuan, kalau sudah Ok klik Accept.
  4. Custom Setup , pada tahap ini kita dapat mengganti beberapa piihan , mendisable salah satu atau beberapa komponen. Untuk tahap ini kita biarkan saja apa adanya (default) lalu klik next.
  5. Proses instalasi mulai berlangsung , pada tahap ini kita diminta untuk menentukan letak folder untuk lokasi penginstalan, secara default Java telah merekomendsikan di drive C, namun apabila kita menginginkan lokasi yang lain, silahkan kik change. Pilihan kita default saja jadi kita klik next.
  6. Java akan memulai ekstraksi file - filenya, tunggu sampai selesai, klik finish.
  7. Biasanya anda akan dibawa ke website https://inventory.sun.com/RegistrationWeb/jdk/default/en_US/register-login.jsp untuk melakukan registrasi. (untuk hal ini bersiat optional saja). 
Java sudah terinstal di Komputer anda dan siap digunakan. Apabila ingin memulai menulis program kita hanya perlu untuk menginstal Editor misalnya Tekspad.Selamat Mencoba.

0 comments:

Post a Comment