Tuesday, December 14, 2010

Perbedaan JDK dan JRE

Ada beberapa Istilah yang kerapa kita pakai di Java namun mungkin membingungkan biasanya ketika kita mau melakukan instalasi, misalnya saja antara JDK dan JRE berikut penjabarannya :
  • JRE  Java Runtime Environment. JRE inilah yang memungkinkan sebuah program Java dapat berjalan di mesin Anda. JRE ini mengeksekusi binary-binary dari class-class dan mengirimnya ke JVM untuk diproses lagi ke prosesor. Setiap JRE pasti memiliki sebuah JVM di dalamnya untuk melakukan pemrosesan selanjutnya. Dengan kata sederhana itu harus download oleh siapa saja yang ingin menjalankan / membaca  Program Java (aplikasi Java, applet Java & Aplikasi Java WebStart).
  • JDK  Java Development Kit. Dengan kata sederhana ini berisi program-program (seperti javac yaitu program untuk meng-compile kode sumber) untuk membantu Anda mengembangkan / menulis kode Java. Seperti halnya JRE, JDK juga memiliki JVM di dalamnya.
Biasanya Paket Tools JRE dan JDK ini berkumpul jadi satu dalam SDK ( kumpulan dari tools yang dibutuhkan untuk membuat serta menjalankan program).
Jadi begitulah seklumit dari saya,..semoga dapat bermanfaat...:)

9 comments:

Shudai Ajlani said...

wah baru tau nih saya sob :)

Unknown said...

oh jadi itu toh perbedaan nya sob,,, nice info,,,

Unknown said...

@four dreams

thanks kunjungannya...semoga bermanfaat...

Unknown said...

@four dreams
ok semoga bermanfaat...

Cheater-X said...

setau gue jre bagian dari jdk .jdk itu untuk untuk meng-compile kode sumber, otomatis harus ada jre untuk runtime kalo enggak gak bisa dijalanin tuh kode javanya. dengan kata lain klao jdk untuk programmer java . kalo jre buat java end user. dengan kata lain JVM (E) JRE JRE(E)JDK => JVM(E)JDK
(E) dibaca elemen dari

Unknown said...

tx informasinya sob

nice

faris rpl2 said...

didlam jdk apa sudah ada jrenya
mohon di jawab

Anonymous said...

tanya : kalau sudah ada jdk apa perlu instal jre ?
terima kasih.

langfordpacelli said...

Playtech casino in India - JtmHub
JTG-Joom has made 충주 출장마사지 an effort to offer 부천 출장샵 the largest and most innovative 남원 출장샵 betting platform. JTG-Joom 경산 출장안마 is one of the best betting sites in the online gaming 경주 출장샵

Post a Comment