Monday, December 13, 2010

Fitur - Fitur Java


Fitur - fitur di Java antara lain :
  • JVM , merupakan sebuah mesin maya yang bekerja menyerupai mesin nyata, menyediakan spesifikasi hardware dan platform dimana kompilasi kode java terjadi. hal ini yang membuat aplikasi berbasis Java menjadi bebas dari platform manapun karena kompilasi telah diselesaikan oleh JVM. Aplikasi Java diciptakan dengan file teks berekstensi .java. Setelah dikompilasi akan menghasilkan satu berkas bytecode yang berekstensi atau lebih. Bytecode merupakan serangkaian istruksi serupa instruksi kode mesin. Perbedaannya bytecode berjalan pada java interpreter sedangkan kode mesin harus dijalankan pada sistem komputer. .class
  • Garbage Collection, Terdapat banyak bahasa pemrograman lain yang memberi wewenang seorang programmer untuk mengalokasikan memori pada saat program dijalankan yang selanjutnya memory tersebut harus ditempatkan kembali, namun apabila programmer tersebut lupa akan menyebabkan suatu keadaan yang di sebut dengan memory leaks.
  • Memory Leaks adalah suatu keadaan dimana suatu blok memory yang dialokasikan tapi tidak pernah di bebaskan oleh pihak yang bertanggung jawab(program),jika memory yang dialokasikan tidak dibebaskan dari memory, maka akan mengurangi ketersedian memori yang dapat digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi lainnya, sehingga apabila terdapat dalam jumlah yang besar, dapat mempengaruhi kinerja sistem operasi dan aplikasi lainnya.Dengan Garbage collection program tidak perlu menghapus sendiri objek-objek yang tidak digunakan lagi, sehingga akan mengurangi beban pengelolaan memori oleh programmer dan mengeliminasi sumber kesalahan memory leaks tadi.
  • Code Security, implementasinya melalui penggunaan JRE dengan model 3 lapis pengamanan :
  1. Class loader menangani pemuatan kelas Java ke runtime interpreter,local disk dengan kelas-kelas yang diambil dari jaringan. Hal ini membatasi aplikasi Trojan karena kelas - kelas di local disk di muat terlebih dahulu. proses ini menyediakan pengamanan dengan memisahkan kelas-kelas yang berasal dari
  2. Bytecode verifier membaca bytecode sebelum dijalankan dan menjamin bytecode memenuhi aturan-aturan dasar bahasa Java
  3. Manajemen keamanan menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti file , port jaringan , proses eksternal dan sistem widowing. Sistem windowing adalah komponen dari GUI yang khususnya pada lingkungan desktop yang mendukung pelaksanaan manajer window dan memberikan dukungan dasar untuk perangkat keras grafis , perangkat penunjuk seperti mouse dan keyboard.
    Selain itu Java juga menyediakan teknik pengamanan lain seperti :
  1. Bahasa dirancang untuk mempersulit eksekusi kode perusak. Seperti peniadaan pointer.
  2. Java memiliki pengamanan terhadap applet. Applet tidak diperbolehkan melakukan read, open, atau write terhadap berkas secara sembarangan. Bagi yang belum tahu apa itu applet, applet adalah sebuah program kecil yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, yang diakses melalui halaman Web dan dapat di-download ke dalam mesin klien yang kemudian menjalankannya di dalam jendela penjelajah web.

0 comments:

Post a Comment